Mengapa Telapak Tangan Anda Berkeringat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Tangan Berkeringat
Pernahkah anda di tepi tebing atau melihat kebawah pada bagian atas gedung pencakar langit dan tangan Anda mulai berkeringat? Atau mungkin berada di depan penonton kemudian seseorang yang memperkenalkan akan berjabat tangan dengan anda, pada saat itu telapak tangan anda sangat berkeringat. Kenapa hal semacam itu bisa terjadi ?

Secara medis, kondisi telapak tangan dengan keringat berlebih dikenal sebagai “Palmar Hyperhidrosis”. Secara umum, dapat disebabkan oleh dua hal yang berbeda, stres emosional dan hasil dari tubuh Anda yang mencoba untuk mengontrol suhu (termoregulasi). Dalam kasus perasaan gembira, takut, atau gugup, penyebabnya adalah stimulasi jenis kelenjar keringat tertentu dari kerja sistem saraf (simpatik) . Untuk memahami mengapa, mari kita bicara tentang berbagai jenis kelenjar keringat dan apa yang menyebabkan semua kelembaban itu.

Terdapat tiga jenis kelenjar keringat dalam tubuh kita yaiut Eccrine, Apokrin dan Apoeccrine. ketiganya dapat menghasilkan keringat pada saat beraktifitas seperti berlari di treadmill. penting untuk dicatat bahwa terdapat perbedaan telapak tangan berkeringat semisal ketika Anda sedang berdiri di tepi platform bungee jumping walaupun tanpa beraktifitas.

Kelenjar Eccrine


Kelenjar Eccrine memproduksi sebagian besar kelenjar keringat yang Anda miliki. Terdapat sekitar 3 juta dari hampir 4 juta kelenjar keringat Eccrine. Fungsi utamanya adalah untuk mengontrol suhu tubuh. Area tubuh yang memiliki konsentrasi tertinggi kelenjar Eccrine adalah telapak kaki, telapak tangan, dan dahi. Kelenjar inilah yang bertanggung jawab mengapa telapak tangan berkeringat. Ketika di stimulasi, Kelenjar Eccrine melepaskan cairan berbau yang menguap ke udara, sehingga dapat mendinginkan suhu tubuh Anda ketika suhu tubuh Anda terlalu tinggi.

Kelenjar Apokrin


Tempat utama Kelenjar apokrin adalah berada di ketiak dan daerah genital Anda. Kelenjar apokrin diproduksi lebih banyak, berminyak, tidak berbau, kemudian juga cairan yang akan dilepaskan ke folikel rambut Anda. Bakteri yang berada pada kulit Anda memecah cairan ini dan hasilnya adalah bau yang kita bau ketika kita tidak mandi secara teratur. Pada mamalia, cairan berminyak ini dianggap oleh beberapa orang bertindak sebagai feromon untuk menarik pasangan, atau bertindak sebagai sinyal peringatan bagi mamalia lainnya.

Kelenjar Apoeccrine


Kelenjar Apoeccrine berkembang selama pubertas di dikenal dengan nama prekursor Eccrine, kelenjar ini dapat menghasilkan keringat sampai tujuh kali lebih cepat dari kelenjar Eccrine. Apoeccrine dianggap memproduksi keringat berlebihan pada orang-orang dengan kondisi yang dikenal sebagai aksila Hyperhidrosis (orang yang ketiak berlebihan keringat).

Semua kelenjar keringat Anda diaktifkan oleh jenis serat saraf yang disebut serat simpatik. Saraf ini yang bereaksi terhadap sistem saraf simpatik Anda. Ketika terdapat respon, sistem menjadi aktif, kemudian Anda berkeringat.

Aktifitas seperti berlari, bersepeda, berenang, atau aktifitas dimana sesekali anda perlu untuk menurunkan suhu tubuh anda, neurotransmitter seperti dopamin, epinefrin, dan norepinefrin dlepaskan yang menyebabkan kelenjar keringat Anda keluar terus menerus. Neurotransmitter utama yang bertanggung jawab untuk merangsang kelenjar Eccrine di telapak tangan Anda adalah asetilkolin.

Jadi, mengapa telapak tangan Anda berkeringat ketika Anda mengalami perasaan gembira atau stres? Ketika kelenjar Eccrine di telapak tangan Anda dirangsang oleh sistem saraf simpatik yang bertujuan untuk mengontrol suhu, kelenjar ini mendapatkan sinyal dari area otak anda yang disebut hipotalamus.

Di sisi lain, ketika kita sementara bersemangat, daerah otak yang memberi sinyal berasal neokorteks dan pusat-pusat limbik. Karena daerah ini cukup besar, posisi pusat yang tepat saat ini belum diketahui, tapi diperkirakan berasal dari daerah yang disebut amigdala, prefrontal cortex, korteks insular dan cingulum.

Ketika emosi stres menyebabkan reaksi dari sistem saraf simpatik yang pengaruh utamanya pada kelenjar Eccrine di wajah, telapak tangan, telapak kaki, dan di ketiak. Hal ini juga menyebabkan pembuluh darah Anda mengerut. dalam kasus ini terdapat perbedaan yang signifikan ketika hipotalamus bereaksi, pembuluh darah menjadi lebih besar (melebar). Hal ini membantu suply darah lebih dekat ke permukaan kulit Anda untuk membantu mendinginkan suhu tubuh anda.

Ini sangat penting untuk dicatat, bagaimanapun, berkeringat karena emosional dan berkeringat karena termoregulasi, prosesnya tidak selalu berbeda satu sama lain. Mereka mempengaruhi satu sama lain. perbedaan yang nyata seperti Misalnya, keringat karena emosi telah terbukti tidak responsif terhadap perubahan suhu, sehingga tidak terpengaruh oleh hipotalamus Anda. sehingga, Anda merasa bersemangat.

Berbekal pengetahuan ini, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri mengapa alam dan evolusi menciptakan suatu sistem yang tampaknya kompleks tetapi memiliki hasil yang sama, telapak tangan berkeringat. Anda bukan yang pertama yang mengajukan pertanyaan ini dan mendapatkan jawaban yang pasti, semuanya masih sangat kontroversi.

Teori yang berlaku adalah bahwa inilah cara yang sangat efisien yang menyebabkan beberapa reaksi menggunakan jalur dan kelenjar yang sama. Berkeringat karena emosi menyebabkan telapak tangan berkeringat yang dapat membantu mengontrol kelembaban lapisan luar kulit. Hal ini bisa meningkatkan gesekan pada kulit sehingga membantu ketika Anda memulai aktifitas seperti berburu binatang, memerangi musuh-musuh, atau memanjat tebing. Keringat yang umum yang dihasilkan dari hipotalamus Anda kemudian membantu mendinginkan tubuh saat kegiatan fisik yang intensif tadi terjadi. Hal ini juga menghasilkan bau yang mengirimkan sinyal feromon untuk musuh-musuh yang sama / hewan. Feromon juga dapat memberi sinyal calon pasangan(lawan) bahwa Anda adalah jawaban seleksi alam untuk kebutuhan pasangan(lawan) mereka.

Akhirnya, pada saat anda berdiri di tepi tebing dan keringat, tetap percaya diri karena tubuh anda memang bekerja sebagaimana seharusnya! Pastikan Anda membawa banyak handuk, tissu, kertas tambahan dan ingat jangan gemetar.
Source Link: http://kabarangin.com/mengapa-telapak-tangan-anda-berkeringat-ini-penyebabnya/

0 Comment for "Mengapa Telapak Tangan Anda Berkeringat? Ini Penjelasan Ilmiahnya"

Back To Top